Minggu, 20 Juni 2010

SHALAT ASHAR HILANGKAN STRES

itled DocumentDari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah SAW, pernah bersabda, "Orang yang terluput menunaikan shalat Ashar, seolah-olah kehilangan keluarga dan semua hartanya" (HR Bukhari, Muslim, Abu dawud, At-Tirmidzi, Nasa'I dan Ibnu Majah)


Faktor apa saja yang bisa membuat seseorang menjadi Stres? Jawabannya bisa beragam , mulai dari kemacetan, masalah rumah tangga, beban pekerjaan, dan lainnya, Semua itu bisa membuat kita lelah, tertekan, dan juga stres.

Stres membuat hormon Adrenalin dan kortisol yang diproduksi tubuh sewaktu stres, juga digunakan otot-otot kita saat berolahraga, terus beredar dalam peredaran darah. Gejala-gejala yang dimunculkannya cukup beragam, mulai dari sakit kepala, susah tidur, sembelit dan lainnya. Daya tahan tubuh pun melemah sehingga memunculkan berbagai penyakit kronis.

Apa kaitannya stres dengan shalat Ashar? Ada penemuan penting yang diungkapkan Dr. Zohair Karami asal Tunisia.

Menurutnya , Shalat Ashar bisa mengurangi resiko terserang penyakit yang berhubungan dengan hormon Adrenalin . Khususnya Darah tinggi dan jantung .

Bagaimana prosesnya? Hormon Adrenalin ini mencapai puncak produksinya antara pukul 03.00 sampai 04.00 sore. Nah Shalat Ashar yang dilakukan dengan khusyu akan menciptakan keadaan santai (rileks) yang memacu hipotalamus diotak dan sistem parasimpatik bekerja. Terpacunya kedua sistem ini akan menyeimbangkan tekanan Adrenalin dalam tubuh. Akibatnya, efek ketegangan yang ditimbulkan oleh adrenalin dapat di redam. InsyaAllah, stres pun hilang.

Wallahualam.

( Tauhid Nur Azhar dan Eman Sulaiman " Simbol-simbol shalat , Anda Tahu maka Anda Cintai Shalat")


Contributor; Suhiyar 22 Oktober 2009




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda tertarik silahkan tinngalkan pesan